Google+ Followers

Senin, 11 April 2011

contoh proposal penelitian tindakan kelas

PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE UNJUK LANGSUNG DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKATENTANG PENGURANGAN DAN PENJUMLAHAN KELAS III SDN SINDANGSARI 03
KABUPATEN GARUT

Disusun Oleh : DEDE GIN GIN
NIM : 817705934
Kelas : C
Program Studi : S1 – PGSD
Pokjar : Dinas Pendidikan Kabupaten Garut




UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH
UNIVERSITAS TERBUKA
GARUT
2011

PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
1. Judul
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE UNJUK LANGSUNG DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA TENTANG PENGURANGAN DAN PENJUMLAHAN KELA III SDN SINDANGSARI 03
KABUPATEN GARUT
2. Mata Pelajaran : Matematika
3. Kategori Penelitian : Penelitian Tindakan Kelas
4. Peneliti
Nama : Dede Gin gin
NIM : 817705934
5. Lokasi Penelitian : SDN Sindangsari 03 Kec.Cigedug
6. Lama Penelitian : 1 Bulan
7. Biaya Penelitian : Rp. 245.760,-
8. Sumber Dana : Anggaran Perorangan


Mengetahui Cigedug, April 2011
Kepala Sekolah SDN Sindangsari 03 Pelaksana Penelitian


Agus Muslim,A.Ma Dede Gin gin
NIP.1953 0914 1978 031003 NIM.817705934
Penguji



DAFTAR ISI

Judul Penelitian………………………………………………………………………………….1
Bidang Kajian……………………………………………………………………………………1
Pendahuluan……………………………………………………………………………………..1
Perumusan dan Pemecahan Masalah…………………………………………………………….2
Tujuan Penelitian………………………………………………………………………………..3
Manfaat Hasil Penelitian………………………………………………………………………...3
Kajian Pustaka…………………………………………………………………………………...4
Rencana dan Prosedur Penelitian………………………………………………………………..5
Jadwal Penelitian…………………………………………………………………………………7
Daftar Biaya Penelitian…………………………………………………………………………..8
Prosedur Penelitian……………………………………………………………………………….8
Lampiran-lampiran
1. Instrumen Penelitian
2. Rencana pPerbaikan Pembelajaran Siklus I
3. Rencana pPerbaikan Pembelajaran Siklus II
4. Lembar Kerja Siswa
5. Lembar Jawaban Siswa
6. Surat Pernyataan Teman Sejawat
7. Daftar Riwayat Hidup






PROPOSAL
PENELITIAN TIDAKAN KELAS

I. JUDUL
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE UNJUK LANGSUNG DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA TENTANG PENGURANGAN DAN PENJUMLAHAN KELAS III SDN SINDANGSARI 03
KABUPATEN GARUT

II. BIDANG KAJIAN
Pembelajaran Matematika dan unjuk langsung
III. PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Pendidikan adalah investasi jangka panjang yang memerlukan usaha dan dana yang cukup besar, ha ini diakui oleh semua orang atau suatu bangsa demi kelangsungan masa depannya. Demikian halnya dengan Indonesia menaruh harapan besar terhadap pendidikan dalam perkembangan masa depan bangsa ini. Karena dari sana lah tunas muda harapan bangsa sebagai generasi penerus dibentuk.

Meski diakui bahwa pendidikan adalah investasi besar jangka panjang yang harus ditata,disiapkan,dan diberikan sarana dan prasarananya dalam arti modal material yang cukup besar,tetapi sampai saat ini Indonesia masih berkuat pada problematika (permasalahan) klasik, dalam hal ini yang kualitas pendidikan. Problematika ini setelah dicoba untuk dicari akar permasalahannya adalah bagaikan sebuah mata rantai yang melingkar dan tidak tahu dari mana mesti harus diawali.

Terkait dengan mutu pendidikan khususnya pendidikan pada jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) sampai saat ini masih jauh dari apa yang kita harapkan. Betapa kita masih ingat dengan hangat akan standarisasi Ujian Akhir Sekolah (UAS) dengan nilai masing-masing mata pelajaran 4,51dikeluhkan oleh semua para pendidikan bahkan oleh orang tua siswa itu sendiri, karena anak atau siswanya tidak dapat lulus. Hal lucu yang sebenarnya tidak perlu terjadi. Melihat kondisi rendahmya prestasi atau hasil belajar siswa tersebut beberapa upaya dilakukan salah satunya adalah pemberian tugas serupa kepada siswa. Dengan menggunakan metode unjuk langsung diharapkan siswa dapat meningkatkan prestasi belajarnya, sehingga terjadi pengulangan dan pengauatan terhadap materi yang diberikan di sekolah dengan harapan siswa dapat meningkatkan hasil belajarnya dan presrtasi siswa.
IV. PERUMUSAN DAN PEMECAHAN MASALAH
1. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang permasalahan sebagaimana tersebut didepan, maka perumusan permasalahan yang akan diajukan dlam proposal ini adalah :

Apakah penggunaan metode unjuk langsung dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bagi siswa kelas III SDN Sindangsari 03 Kabupaten Garut.


2. Pemecahan Masalah
Siswa yang mendapatkan perhatian dan perlakuan khusus tentunya akan menghasilkan atau menguasai yang berbeda pula dalam sebuah kelas atau kelompok bahkan perlakuan individual sekaligus dengan diberikannya perlakuan dan perhatian yang lebih baik dalam belajar di sekolah maupun di rumah, tentunya akan lebih baik pula penguasaan keterampilan atau konsep terhadap mata pelajaran yang dipelajarinya. Dengan menggunakan metode unjuk langsung dengan baik maka akan menambah semangat belajar siswa, sehingga prestasinya bertambah (berkembang).

Moh Uzer (1996:29) menjelaskan “Motivasi ekstrinsik timbul sebagai akibat pengaruh dari luar individu,apakah karena adanya ajakan atau paksaan orang lain sehingga dengan kondisi demikian akhirnya ia mau melakukan sesuatu atau belajar. Masalnya seseorang mau belajar karena disuruh oleh kedua orang tuanya untuk mendapatkan peringkat pertama”

Demikian halnya dengan gurumemberikan metode untuk langsung dengan harapan yang baik itu dirasa memaksa bagi siswa karena disuruh sebagai tugas dengan perasaan terpaksa, yang jelas mengkondisikan siswa harus belajar. Dengan pola demikian tentunya anak yang lebih banyak belajar di rumah akan lebih baik misalnya dalam mata pelajaran yang dikerjakan.
a. Hipotesis
Hipotesis yang diajukan dalam proposal ini adalah :
“Upaya meninkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode unjuk langsung dalam mata pelajaran Matematika tentang penjumlahan dan penurangan kelas III SDN Sindangsari 03 Kabupaten Garut”.

V. TUJUAN PENELITIAN
1. Tujuan Umum
Tujuan penelitian yang diharapkan dari penelitian ini adalah menjadi masukan dan arahan bagi guru dan siswa untuk meningkatkan hasil belajar.

2. Tujuan Khusus
Adapun tujuan khusus dari penelitian ini :
“ Untukmengetahui apakah penggunaan metode unjuk langsung dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaranmatematika tentang penjumlahan dan pengurangan kelas III semester 1 tahun ajaran 2010-2011 SDN Sindangsari 03 Kab.Garut”

VI.MANFAAT HASIL PENELITIAN
Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi :
a. SDN Sindangsari 03
Dengan hasil penelitian ini diharapkan SDN Sindangsari 03 dapat lebih meningkatkan pemberdayaan penggunaan metode unjuk langsung untuk meningkatkan hasil belajar siswa menjadi lebih baik dan perku dicoba untuk diterapkan dalam mata pelajaran lain.
b. Guru
Sebagai bagan masukan guru dalam meningkatkan mutu pendidikan dikelasnya.
c. Siswa
Sebagai bahan masukan untuk siswa untuk memanfaatkan unjuk langsung dalam rangka meningkatkan hasil belajar yang memuaskan.

VII. KAJIAN PUSTAKA
Landasan Teori
1. Matematika
Istilah matematika berasal dari bahasa yunani “mathemathikos” secara ilmu pasti atau “mathes” yang berarti ajaran,pengetahuan abstrak dan deduktif, dimana kesimpulan tidak ditarik berdasarkan pengalaman keindraan tetapi atas kesimpulan yang ditarik dari kaidah-kaidah tertentu melalui deduksi ensiklopedia Indonesia dalam garis besar program pembelajaran (GBPP) terdapat istilah matematika sekilah yang dimaksudnya untuk member penekanan bahwa materi atau pokok bahasan yang terdapat dalam GBPP merupakan materi atau pokok bahasan yang diajarkan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah (Direkdiknas :1994)

2. Belajar
Sekiner berpandangan bahwa belajar adalah suatu prilaku. Pada saat orang belajar maka responnya menjadi lebih baik dan sebaliknya tidak belajar responnya akan menurun. Sedangkan menurut gagni belajar adalah seperangkat proses kognitif yang mengubah sifat stimulasi lingkungan,melewati pengolahan informasi, menjadi kapsitas baru (Dimiyati 2002-2010). Sedabngkan menurut kamus umum bahasa Indonesia belajar diartikan berusaha (berlatih) supaya mendapat suatu kepandaian (Putwadarminta:109). Belajar dalam penelitian ini diartikan segala usaha yang diberikan oleh guru agar mendapat dan mampu menguasai apa yang telah diterimanya dalam hal ini adalah pelajaran Matematika.

3. Prestasi Belajar
Prestasi belajar berasal dari kata “prestasi” dan “belajar”. Prestasi berarti hasil yang telah dicapai (depdikbud,1992:787) sedangkan pengertian belajar adalah berusaha memperoeh kepandaian atau ilmu (depdikbud,1995:14). Jadi prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran, lazimnya ditunjukan dengan nilai atau angka yang diberikan oleh guru. Prestasi dalam penelitian yang dimaksudkan adalah nilai yang diperoleh oleh siswa pada mata pelajaran matematika dalam bentuk nilai berupa angka yang diberikan oleh guru kelasnya setelah melaksanakan tugas yang diberikan padanya.

4. Teknik
Dalamkamus umum bahasa Indonesia teknik diartikan cara (kerpandaian) membuat sesuatu atau melakukan sesuatu yang berkenaan dengan kesenian (Purwadarminta,1035) sedangkan teknik yang dimaksud disini adalah cara tertentu yang ditentukan oleh guru yang akan dikenakan kepada siswanya dalam rangka mendapatkan informasi atau laporan yang diinginkan.

5. Unjuk Langsung
Metode yang biasa digunakan oleh guru untuk cara menambah semangat belajar siswa dalam mata pelajaran yang satu dengan yang lainnya. Dan teknik-tekik guru agar meningkatkan hasil belajar siswa dengan baik sesuai dengan yang diharapkan.

VIII. RENCANA DAN PROSEDUR PENELITIAN
1. Rencana Penelitian
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Sindangsari 03 Kec.Cigedug Kab.Garut dengan jumlah siswa 73 orang. Pertimbangan peulisan mengambil sunjek penelitian tersebut dimana siswa kelas III telah mampu dan memiliki wawasan yang cukup dalam unjuk langsung yang dilontarkan dari guru langsung kepada siswa kelas III telah mampu menulis membaca serta menghitung penjumlahan dan pengurangan yang cukup. Selain itu penulis atau peneliti telah mengajar di kelas III tepatnya di SDN sindangsari 03.

2. Tempat Penelitian
Dalam penelitian ini penulis mengambil lokasi di SDN Sindangsari 03 Kp.Tegalbiuk Kec.Cigedug Kab.Garut. Penulis mengambil lokasi atau tempat ini dengan pertimbangan bekerja pada sekolah tersebut, sehingga menudahkan dalam mecari data, peluang waktu yang luas dan subjek penelitian yang sesuai dengan proses penulis.

3. Waktu Penelitian
Dengan beberapa pertimbangan dan alas an penulis penulis menentukan menggunakan waktu penelitian selama 2 bulan oktober samapai dengan nopember. Waktu dari perencanaan sampai penulisn laporan hasil penelitian tersebut pada semester 1tahun pelajaran 2010-2011

4. Lama Tindakan
Waktu untuk melaksanakan tindakan pada bulan oktober mulai dari siklus I,II dan III.

5. Prosedur penelitian
Prosedur penelitian yang diterapkan dalam hal ini antara lain :
1. Perencanaan
Meliputi penyampaian materi pelajaran,latihan soal,pembahasan latihan soal, tugas pekerjaan rumah (kegiatan penelitian utama) pembahasan unjuk langsung dan ulangan harian.
2. Tindakan (Action) atau kegiatan, mencakup
a. Siklus I,meliputi : Pendahuluan,kegiatan pokok dan penutup.
b. Siklus II (sama dengan I)
c. Siklus III (sama dengan I dan II)
3. Refleks,dimana perlu adanya pembahasan antara siklus-siklus tersebut untuk dapat menentukan kesimpulan atau hasil penelitian.



IX. JADWAL PENELITIAN

No
Nama Minggu ke
Oktober Nopember Desember
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4
1 Perencanaan X
2 Proses Pembelajaran X
3 Evaluasi X
4 Pengumpulan Data X
5 Analisis Data X
6 Penyusunan Hasil X X
7 Pelaporan Hasil

X. DAFTAR BIAYA PENELITIAN
 Photo copy untuk 1 KS untuk semua siswa sebanyak 73 orang x Rp.2000,- Rp.146.000,-
 Photo copy test evaluasi 73 x Rp.120,- Rp.8.760,-
 Rental Komputer Rp.21.000,-
 Penggandaan Jilid Laporan Rp.18.000,-
 Pembuatan dan penyusunan proposal Rp.31.000,-
 Traspor Rp.21.000,-
Jumlah Rp.245.760

XI. PROPOSAL PENELITIAN
Penelitian ini dilaksanakan olen peneliti sendiri dibantu oleh seorang guru yang bertindak sebagai observer / teman sejawat dan siswa sebagai subjek peneliti.
1. Peneliti
Nama : Dede Gin gin
NIM : 817705934
Sekolah : SDN Sindangsari 03
Alamat Sekolah : Kp.Tegal Biuk Desa Sindangsari Kec.Cigedug Garut

2. Observer
Nama : Ani Sumarni,S.Pd.I
NIP : 1967 0528 1991 122003
Pangkat/Golongan : Pembina / IV a
Sekolah : SDN Sindangsari 03
Alamat Sekolah : Kp.Tegal Biuk Desa Sindangsari Kec.Cigedug Garut





























Lampiran-lampiran

1. Instrumen Penelitian

Lembar Pengamatan Sikap Siswa


No Nama Siswa Aspek-aspek yang dinilai
A B C D E Jumlah Skor Skor akhir
1 Ai Tanti
2 Dede Indra
3 Dimas
4 Elka Adrian
5 Sri Anggita
6 N. Mira
7 Sindi Putri Y.
8 Pajar Aji N.
9 Addulrohman
10 Irpanudin
11 Maesaroh
12 Halimah S.
13 Barokah
14 Dadan S.
15 Ai Solihah
16 Wahdan Nido
17 Imaspupah
18 Sriwanti
19 Nida

Aspek yang dinilai
A. Berani mengeluarkan pendapat

B. Berani bertanya

C. Mau berkomunikasi

D. Bekerjasama


Rencana Perbaikan Pembelajaran
(RPP)
Eksakta Siklus 1

Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : III/1
Alokasi waktu : 2X35 menit

A. Kompetensi Dasar
Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka
B. Hasil Belajar
Memahami penjumlahan dan pengurangan tiga angka
C. Indikator
Siswa mampu menentukan nilai tempat
D. Tujuan Perbaikan
1. Meningkatkan kemampuan siswa terhadap materi pembelajaran matematika melalui metode unjuk langsung
2. Meningkatkan keterampilan siswa dalam bertanya dan mengungkapkan gagasan siswa dalam mata pelajaran matematika.
E. Langkah Pembelajaran
Untuk menjamin terpadunya perbaikan prestasi belajar siswa untuk membimbing. Guru secara vtepat dalam upaya perbaikan kinerja pembelajaran,maka disusun skenario pembelajaran secara rinci,skenario tersebut meliputi penataan waktu dan penataan tempat dan penataan kegiatan yang akan dilakukan dalam rangka pelaksanaan perbaikan pembelajaran.

1. Kegiatan awal (10 menit)
a. Mengkondisikan siswa dan Tanya jawab
Dengan cara mengabsen dan langsung melakukan Tanya jawab materi yang telah dikuasai oleh siswa, Tanya jawab ini dimaksudkan untuk menguatkan kembali materi yang telah dikuasai. Oleh karena itu bersifat sederhana (mudah).

Pertanyaan mengenai penjumlahan dan pengurangan
Kerjakan terlebih dahulu penjumlahan

(287+675) – 236 =

coba kalian hitung berapa hasilnya ?

287
675 +
…..
236 -
…..

Jadi 287 +675 = …… - 236 = ……

2. Kegiatan Inti (40 menit)
a. Siswa diajak untuk mengerjakan soal penjumlahan dan pengurangan
b. Unjuk Indikator
Siswa menentukan nilai tempat (penjumlahan dan pengurangan)
Contoh :

233 – (215 + 671) = ………
Manakah yag harus dikerjakan terlebih dahulu?
191-
…..
Jadi, (766 + 233) – 191 = ….

3. Kegiatan Akhir
a.Menyimpulkan Pembelajaran (5 menit)

bersama-sama menyelesaikan suatu contoh tentang penjumlahan dan pengurangan
b.Melakukan evaluasi
Melakukan unjuk langsung terhadap latihan

F. Sarana dan Sumber Belajar
- Kartu bilangan penjumlahan dan pengurangan
- Buku sumber kelas III,M.Khafid Suyati KTSP 2006





G. Evaluasi


1. Awal : Jawaban siswa terhadap apresiasi pada awal kegiatan pembelajaran
2. Proses : Aktivitas siswa dalam mengefektifkan pembelajaran
3. Akhir : Mengerjakan soal evaluasi





Sindangsari, April 2011



Teman Sejawat Guru Kelas Praktikum




ANI SUMARNI,S.Pd.I Dede Gin Gin
NIP.1967 0528 1992 122003 NIM. 817705934

Rencana Perbaikan Pembelajaran
(RPP)
Eksakta Siklus 2

Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : III/1
Alokasi waktu : 2X35 menit

A. Kompetensi Dasar
Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka
B. Hasil Belajar
Memahami penjumlahan dan pengurangan tiga angka
C. Indikator
Siswa mampu menentukan nilai tempat
D. Tujuan Perbaikan
1. Meningkatkan kemampuan siswa terhadap materi pembelajaran matematika melalui metode unjuk langsung
2. Meningkatkan keterampilan siswa dalam bertanya dan mengungkapkan gagasan siswa dalam mata pelajaran matematika.
E. Langkah Pembelajaran
Untuk menjamin terpadunya perbaikan prestasi belajar siswa untuk membimbing. Guru secara vtepat dalam upaya perbaikan kinerja pembelajaran,maka disusun skenario pembelajaran secara rinci,skenario tersebut meliputi penataan waktu dan penataan tempat dan penataan kegiatan yang akan dilakukan dalam rangka pelaksanaan perbaikan pembelajaran.

1. Kegiatan awal (10 menit)
a. Mengkondisikan siswa dan Tanya jawab
Dengan cara mengabsen dan langsung melakukan Tanya jawab materi yang telah dikuasai oleh siswa, Tanya jawab ini dimaksudkan untuk menguatkan kembali materi yang telah dikuasai. Oleh karena itu bersifat sederhana (mudah).

Pertanyaan yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan

Tentukan nilai tempat pada penjumlahan dan pengurangan tiga angka dibawah ini !

998 – (441+909) = ……

441 + 909 = …. – 998 = …..

Jadi, 441 + 909 = ….. – 998 = …..

2. Kegiatan Inti (40 menit)

a. Siswa diajak untuk mengerjakan soal penjumlahan dan pengurangan
b. Unjuk Indikator

Siswa menentukan nilai tempat (penjumlahan dan pengurangan)


contoh
(766 + 233) – 191 = ….
Tentukan hasil penjumlahan dan pengurangan dari (766 + 233) – 191 = ….

766
233 +
…….
215
671 +
…..
233+
……

Jadi 215 + 671 = …… - 233 = ……

3. Kegiatan Akhir
a.Menyimpulkan Pembelajaran (5 menit)
bersama-sama menyelesaikan suatu contoh tentang penjumlahan dan pengurangan
b.Melakukan evaluasi
F. Sarana dan Prasarana
- Buku sumber matematika, M.Khafid suyati KHSP 2006
- Contoh angka penjumlahan dan pengurangan tiga angka
G. Evaluasi
1. Awal : Jawaban siswa terhadap apresiasi pada awal kegiatan pembelajaran
2. Proses : Aktivitas siswa dalam mengefektifkan pembelajaran
3. Akhir : Mengerjakan soal evaluasi


Sindangsari, April 2011



Teman Sejawat Guru Kelas Praktikum




ANI SUMARNI,S.Pd.I Dede Gin Gin
NIP.1967 0528 1992 122003 NIM. 817705934



LEMBAR KERJA SISWA


Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : III
Nama Siswa :


Kerjakan soal dibawah ini dengan benar dan kerjakanlah terlebih dahulu angka yang dikasih tanda ( ) kurung.

1. (267 + 466) – 610 = ….

2. 198 – (775 + 993) = ….

3. 344 – 120 + (579 + 766) = ….

4. (299 + 670) – 324 + 880 = ….

5. 449 – 110 + (775+668) = ….



LEMBAR JAWABAN

1. 267
446+
733
610-
123


2. 775
993+
1768
198-
1570


3. 579
766+
1345
120+
1465
344-
1121


4. 229
670+
899
880+
1779
324-
1455


5. 775
668+
1443
110+
1553
449-
1104



SURAT PERNYATAAN TEMAN SEJAWAT
Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Ani Sumarni,S.Pd.I
NIP : 1967 0528 1991 122003
Pangkat/Golongan : Pembina / IV a
Sekolah : SDN Sindangsari 03
Alamat Sekolah : Kp.Tegal Biuk Desa Sindangsari Kec.Cigedug Garut
Menyatakan Bahwa :
Nama : Dede Gin gin
NIM : 817705934
Sekolah : SDN Sindangsari 03
Alamat Sekolah : Kp.Tegal Biuk Desa Sindangsari Kec.Cigedug Garut

Adalah teman sejawat yang akan membantu dalam pelaksanaan perbaikan pembelajaran. Demikian pernyataan untuk dipergunakai sebagaimana mestinya.
Garut, April 2011

Teman Sejawat Yang membuat pernyataan


Ani Sumarni,S.Pd.I Dede Gin Gin
NIP.1967 0528 1991 122003 NIM.817705934
DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Nama : Dede Gin gin
NIM : 817705934
Sekolah : SDN Sindangsari 03
Tempat,tanggal lahir :
Jenis Kelamin : Laki-laki (L)
Alamat :
Pendidikan :

Riwayat Pendidikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar